PENGEMBANGAN SDM

PENGERTIAN PENGEMBANGAN SDM

Setiap perusahaan pasti memiliki divisi pengembangan SDM dalam struktur organisasinya. Divisi pengembangan SDM pada dasarnya memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membantu karyawan dalam mengembangkan kepribadian personal dan keterampilan organisasional mereka. Pengembangan SDM pada sebuah perusahaan akan dimulai dari proses onboarding, pengadaan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dengan kelas atau kursus dan seminar, penyediaan tool yang bisa membantu pekerjaan karyawan dan sebagainya.
Menurut Leonard Nadler, pengembangan SDM adalah sebuah rangkaian aktivitas perusahaan yang dilakukan dalam waktu tertentu dan dirancang untuk melahirkan perubahan sikap karyawan.
Sementara itu, menurut Prof. T.V. Rao, pengembangan SDM adalah proses di mana karyawan dalam sebuah perusahaan dibantu secara terencana untuk meningkatkan kemampuan sehingga bisa menyelesaikan berbagai macam tugas yang berhubungan dengan peran mereka di masa depan. Menurutnya, pengembangan SDM juga merupakan proses pengembangan kemampuan karyawan sebagai seorang individu dan menemukan serta memanfaatkan potensi yang ada.

JENIS-JENIS PENGEMBANGAN SDM
  • Pengembangan secara informal


Pengembangan secara informal yaitu karyawan atas keinginan dan usaha sendiri melatih dan mengembangkan dirinya dengan mempelajari buku-buku literatur yang ada hubungannya dengan pekerjaan atau jabatannya. Pengembangan secara informal menunjukkan bahwa karyawan tersebut berkeinginan keras untuk maju dengan cara meningkatkan kemampuan kerjanya. Hal ini bermanfaat bagi perusahaan karena produktivitas kerja karyawan semakin besar, di samping efisiensi dan produktivitasnya juga semakin baik.
  • Pengembangan secara formal

Pengembangan secara formal yaitu karyawan ditugaskan perusahaan untuk mengikuti pendidikan atau latihan, baik yang dilakukan perusahaan maupun yang dilaksanakan oleh lembaga–lembaga pendidikan atau pelatihan. Pengembangan secara formal dilakukan di perusahaan karena tuntutan pekerjaan saat ini ataupun masa datang, sifatnya non karier atau peningkatan karier seorang karyawan.

Pelatihan dan pengembangan (training dan development) memang memerlukan biaya yang cukup besar, namun investasi di bidang manusia tersebut (human investment) akhirnya akan menyumbangkan produktivitas yang sangat tinggi bagi organisasi atau perusahaan. Untuk itu organisasi atau perusahaan tentunya akan memetik laba yang berlipat ganda di waktu yang akan datang.

PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA PT.INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA Tbk.
Peningkatan kompetensi SDM kemudian diimbangi dengan pemberian kesempatan untuk berkembang bersama Perseroan serta pemberian paket remunerasi yang kompetitif. Proses ini melibatkan seluruh kegiatan yang berkaitan dengan siklus manajemen kinerja, mulai dari penyusunan rencana, performance review secara kontinyu dan penilaian kinerja di akhir tahun.

  • KNOWLEDGE MANAGEMENT

Perseroan mulai melaksanakan kegiatan knowledge managementdengan tujuan mengelola pengetahuan yang merupakan aset bernilai tinggi di Perseroan sebagai sarana untuk meningkatkan keunggulan HC Perseroan.

  • TRAINING AND DEVELOPMENT

Salah satu fokus HCMP yaitu pelaksanaan program leadership development dengan tujuan menghasilkan pemimpin yang memiliki kapabilitas kepemimpinan yang mumpuni, baik dari aspek teknis, kepemimpinan, maupun business acumen di semua jenjang baik struktural maupun dan fungsional organisasi.

Karena pencapain sumber daya manusia yang berkualitas maka mendapatkan penghargaan

Rekor Museum Indonesia (MURI) oleh PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.

PT Indocement Tunggap Prakarsa Tbk. juga memegang beberapa kategori penghargaan MURI (Museum Rekor Indonesia), yaitu:
  1. Rekor "Temu Keluarga Toko Bahan Bangunan Terbanyak (Sambil Bermain Angklung Bersama)".
  2. “Relief (lukisan 2 dimensi) motif batik dan tenun berbahan dasar semen putih dan bubur kertas terbesar di dunia”.
  3. “roadshow event terbanyak di 96 perguruan tinggi seluruh Indonesia dalam waktu tiga bulan”.
  4. “Pengiriman Semen Menggunakan Kereta Api dengan Jarak Terpanjang”

SUMBER :

  • https://www.kajianpustaka.com/2016/02/pengembangan-sumber-daya-manusia.html
  • https://www.karyaone.co.id/blog/pengertian-pengembangan-sdm/
  • Adreas Budiharjo (2004) , Hubungan Antara Strategi Bisnis dan Srategi SDM Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Perusahaan ,Manjamen Usahawan Indonesia No.03 th XXXIII.
  • Azhar Kasim 1995, teori Pembuatan Keputusan ,Jakarta,lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
  • Asean Regional Workshop  on : the role of leadership in development: YTKI;Yogyakarta ; 1970
  • https://fhinzzcoepoe.wordpress.com/2010/10/02/definisi-manajemen-sumber-daya-manusia-menurut-para-ahli/
  • http://soniabintang.wordpress.com/2013/06/25/pengertian-manajemen-sumber-daya-manusia-menurut-beberapa-ahli/
  • https://goenable.wordpress.com/tag/teori-manajemen-sumber-daya-manusia
  • http://romifachruddin.blogspot.com/2014/12/makalah-manajemen-sumber-daya-manusia.html








Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN PT INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA TBK. (TUGAS 2)

Order Letter and Reply to Order Letter

TUGAS 1 CONTOH KASUS PERUSAHAAN HUBUNGAN PEKERJA DENGAN MANAJEMEN PERUSAHAAN